Pemkab Malang Usulkan Pembangunan DAM ke Provinsi Jatim

  • 11-01-2019 / 16:59 WIB
Pemkab Malang Usulkan Pembangunan DAM ke Provinsi Jatim Wakil Bupati Malang H M Sanusi dan Pejabat Pemkab Malang foto bersama Kepala Bakorwil, Benny Sampirwanto di pringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang.(Ira Ravika/MP Online)

MALANG - Kepala Bakorwil III Provinsi Jawa Timur, Benny Sampirwanto, siang tadi melakukan kunjungan kerja di Pemerintah Kabupaten Malang. Di Pendopo Agung Kabupaten Malang, kedatangannya pun disambut langsung oleh Wakil Bupati Malang H M Sanusi dan beberapa pejabat Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Dalam kunjungan tersebut, Benny pun menampung usulan-usulan dari Pemkab Malang yang disampaikan langsung oleh Sanusi.

Diantaranya pembangunan dan peningkatan jalan dari Malang-Kepanjen - Blitar, pembangunan DAM di Sumber Banteng, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, dan pembangunan infrastruktur di wilayah Malang Timur.

Sanusi menguraikan, jika sebelumnya pihaknya terus mengusulkan pembangunan jalan dan prningkatan jalan di wilayah Malang Selatan. Pembangunan jalan di wilayah Malang Selatan sangat penting, salah satunya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Kami sudah mengusulkan beberapa kali, bahkan berbicara langsung dengan pak gubernur terkait hal ini. Namun masih belum ada respon," kata Sanusi. 

Dia juga mengatakan, jika pembangunan jalan di wilayah Malang Selatan terealisasi, maka tak akan ada lagi kemacetan di wilayah Malang Utara. Apalagi tak lama lagi tol Pandaan Malang juga dioperasionalkan.

Selain itu, Sanusi juga mengusulkan pembangunan DAM Sumber Banteng di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. DAM ini dikatakan politisi dari Partai Kabangkitan Bangsa ini sangat mendesak, dan dapat mengatur air ke sawah-sawah warga.

Menurut Sanusi, aliran dari Sumber Banteng ini dapat mengaliri 350 hektar sawah warga.

"Saat ini karena tidak adan DAM, air yang mengalir tak bisa ke sawah. Apalagi saat musim kemarau. Itu sebabnya, besar harapan kami kepada  Provinsi Jatim mau menyetujui usulan, dan membangun DAM di wilayah tersebut," kata Sanusi.

Sebelumnya untuk pembangunan DAM di Sumber Banteng, pihaknya sudah menyiapkan draf perencanaan pembangunan. "Penting karena itu kaitannya dengan penguatan pangan. Makanya kami sangat berharap," urai Sanusi.

Sementara usulan lain adalah pembangunan untuk  penguatan infrastruktur di wilayah Malang Timur. Sanusi pun menguraiksn jika, wilayah Malang Timur menjadi prioritas pembangunan untuk mendukung Badan Otoritas Pariwisata (BOP) Bromo Tengger Semeru (BTS). 

"Jumlah wisatawan yang pergi ke Bromo Tengger Semeru jumlahnya terus meningkat. Untuk itu perlu adanya dukungan pembangunan infrastruktur disana," ungkap mantan Ketua DPC PKB Kabupaten Malang ini.

Sementata itu, mendapatkan usulan-usulan tersebut, Benny pun tak diam. Seluruh usulan dari Pemkab Malang yang disampaikan wakil bupati ditulisnya dengan rapi, untuk kemudian pihaknya akan melakukan rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev).

"Kami sudah rangkum semuanya, langkah selanjutnya adalah melakukan Monev, bsru kemudian diajukan ke provinsi," ungkapnya.

Benny juga mengatakan kunjungan kerja ini tak hanya dilakukan di Pemkab Malang, tapi juga di wilayah atau daerah lain dibawah naungan Bakorwil III Provinsi Jatim.  

"Harapannya jelas, pembangunan di daerah berjalan dengan baik, dan seluruh daerah di bawah Bakorwil III Provinsi ini semakin maju, dan ada peningkatan ekonomi masyarakat," urainya. 

Dia juga menekankan, untuk kemajuan wilayah, mading-mading kepala daerah wajib meninggalksn ego sektoral. Sebaliknya, dia menekankan masing-masing daerah wajib melakukan sinergi dalam pembangunan wilayah. (Ira)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Warga Surabaya Tertangkap Nyabu di Sukun

TP PKK Lihat Sentra UKM di Eks Lokalisasi Dolly


GRATIS !!!

Untuk Berlangganan Berita Malang Post Online,
Ketik Nama dan Email di Form Berikut Ini.



VIDEO

-->