Seafood Saus Singapura, Gurih dan Manis, Lebih Nendang karena Tauco

  • 13-01-2019 / 11:09 WIB
Seafood Saus Singapura, Gurih dan Manis, Lebih Nendang karena Tauco KOMPLET: Satu porsi besar seafood saus Singapura berisi beragam jenis hewan laut. Semuanya dimasak dengan bumbu khusus sehingga benar-benar terasa nikmat dan memuaskan. (Ayu Febriana Anugrahini/R Blitar)

BLITAR - Kota Patria ternyata juga menjadi surga bagi pecinta masakan seafood (makanan laut). Buktinya, banyak rumah makan, kafe, atau pun restoran yang menyediakan berbagai olahan seafood.

Seperti di salah satu kafe kawasan Jalan Melati. Kafe itu berada di atas hotel (rooftop). Tentu saja ini membuat suasan berbeda ketika pengunjung menikmati olahan seafood di sana.

Di kafe tersebut, menu yang dikenal nikmat yakni seafood saus Singapura. Menurut Alessandro Giovani, pemilik kafe, dia ingin membuat olahan seafood yang lebih nikmat. Salah satunya dengan olahan saus Singapura.

Tentu saja dipadukan dengan tempat yang nyaman bagi para pengunjung. Ketika ditemui di kafenya beberapa hari lalu, pria ramah itu mengatakan, menu seafood saus Singapura ada unsur Chinese-nya. Sebenarnya hampir sama dengan saus padang, tapi ada beberapa bumbu rahasia yang ditambahkan sehingga membuat rasa lebih mantap.

Ternyata, seafood saus Singapura yang ditawarkan memiliki dua tipe. Porsi kecil atau paket dan porsi besar. Dalam satu porsi besar, berisi beragam hewan laut. Di antaranya udang, lobster, kerang, dan gurita. Ditambah dengan potongan jagung dan kentang. Sebagai pemanis, ada mentimun dan wortel yang dipotong membentuk bunga.

Lebih unik lagi, satu porsi besar disajikan langsung beralas daun pisang. Dengan begitu, lebih mudah untuk disantap beramai-ramai bersama teman atau pun keluarga.

Gio, sapaan Alessandro Giovani mengaku terinspirasi konsep tersebut dari kafe-kafe yang pernah didatanginya. Sementara alas daun pisang dipilih setelah melihat orang-orang yang sedang kenduri atau acara selamatan. Selain itu juga dari nasi bancaan. “Yang sangat khas ketika memakannya, ada rasa tauco,” ujarnya.

Ketika menikmati seafood saus Singapura ini, rasa gurih dari berbagai hewan laut yang sudah disajikan benar-benar terasa. Itu karena pemilik kafe menggunakan bahan-bahan yang masih fresh. Dengan begitu, terjamin kualitas rasanya.

Bukan hanya itu, bumbu-bumbu yang dipakai membuat rasa semakin ”nendang”. Gurih, manis, asin, semua bercampur menjadi satu di dalam mulut. Bukan hanya itu, tambahan tauco yang dimasak menjadi satu membuat rasa lebih nikmat.

Tauco yakni bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai (Glycine max) yang telah direbus, dihaluskan, dan diaduk dengan tepung terigu kemudian melalui proses fermentasi.

Satu porsi besar bisa dimakan untuk empat orang. Di dalamnya juga ada nasi putih hangat yang dibungkus daun pisang. Olahan seafood memang lebih nikmat disantap dengan nasi putih. Dengan begitu, gurihnya seafood lebih terasa. (rt/whe/ang/JPR/JPC/MPOL)

  • Editor : irawan
  • Uploader : irawan

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Warga Surabaya Tertangkap Nyabu di Sukun

TP PKK Lihat Sentra UKM di Eks Lokalisasi Dolly


GRATIS !!!

Untuk Berlangganan Berita Malang Post Online,
Ketik Nama dan Email di Form Berikut Ini.



VIDEO

-->